Jamrud

Selasa, 27 Juli 2010

1. PERSPEKTIF AKUNTANSI MANAJEMEN
Akuntansi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan output untuk memenuhi kebutuhan manajemen. Proses untuk menghasilkan output tersebut tidak dibatasi oleh aturan-aturan yang mengikat seperti halnya akuntansi keuangan. Input yang digunakan dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen merupakan alat untuk mengambil keputusan bagi manajemen. Keputusan ini dimulai sejak perencanaan, pelaksanaan, maupun penilaian dari suatu produk, siklus manajemen, maupun divisi dan perusahaan. Pengambilan keputusan bagi manajemen dapat dilakukan untuk berbagai hal.

2. ORGANISASI DAN TUJUANNYA
Organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pendapat lain : menyebutkan bahwa Organisasi adalah se- kelompok orang yang menyatu bersama karena beberapa tujuan bersama. Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu : Orang-orang (sekumpulan orang), Kerjasama,Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan organnisasi : Sasaran merupakan Tujuan bersama yang mengarahkan kerja organisasi. Bagi beberapa organisasi sasarannya adalah membuat produk dan menghasilkan keuntungan.

3. PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Peran akuntansi manajemen Sebagai Tipe Akuntansi: Akuntansi Manajemen merupakan suatu system Pengolah InformasiKeuangan yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai intern organisasi.
Peran Akuntansi keuanagan :Adalah Informasi keuangan yang merupakan keluaran yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan terutama oleh pemakai intern organisasi.

4. PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Akuntansi Keuangan merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen puncak dan pihak luar organisasi.
Akuntansi Manajemen merupakan tipe akuntansi yang mengolah informasi keuangan yang terutama untuk memenuhi keperluan manajemen dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.

5. PERKEMBANGAN AKUNTANSI MANAJEMEN DAN TANTANGAN YANG DIHADAPI DIMASA YANG AKAN DATANG
Kemajuan teknologi informasi juga membawa dampak besar pada perkembangan dalam paradigma maupun pada teknologi manufaktur. Beberapa faktor akuntansi manajemen yang mendasar mengalami perubahan akibat penggunaan teknologi informasi. Perubahan tersebut antara lain mencakup proses perencanaan, penendalian aktivitas rutin, struktur organisasi dan situasi kerja. Dalam situasi dimana lingkungan berubah, maka rencana organisasi juga harus berubah agar tetap bertahan dan keadaan organisasi tetap stabil. Organisasi yang dihadapkan dengan perubahan lingkungan harus responsif jika tidak ingin mengalami penurunan aktivitas yang tidak dapat dihindarkan. Kondisi ini mengharuskan manajemen untuk selalu melakukan peningkatan yang inovatif secara kontinu disegala aspek agar perusahaan dapat tetap

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms